Minggu, 05 Januari 2014

Tugas Bahasa Indonesia 2 (5)



Buatlah contoh sebuah paragraf yang berkaitan dengan bidang anda sekarang !
1.     Generalisasi
2.     Analogi
3.     Sebab-akibat (kausalitas)

Paragraf generalisasi

Paragraf generalisasi adalah sebuah paragraf yang memiliki disusun berdasarkan kumpulan fakta atau data yang saling berkaitan untuk menemukan sebuah kesimpulan pokok. Pada dasarnya ketika kita ingin membahas jenis paragraf ini, maka akan sangat sulit untuk membedakan dengan beberapa jenis paragraf lain seperti paragraf induktif atau analogi. Namun dengan lebih mengerti hal hal pokok dari paragraf generalisasi, kita akan semakin mudah memahaminya sebagai bagian yang berbeda satu sama lain.
Pada dasarnya pendekatan penulisan yang dianut dalam pembuatan paragraf generalisasi merupakan pendekatan riil yang sering kita alami sehari hari. Ada kalanya kita akan menggunakan fakta fakta yang telah diketahui sebelumnya sebagai kesimpulan dalam melangkah melakukan sesuatu. Nah sama hal nya dengan jenis paragraf ini, penulis juga dituntut agar bisa memberikan beberapa informasi, fakta atau data yang benar benar mampu mendukung apa yang akan menjadi kesimpulannya nanti.
Menilik kembali mengenai perbandingan dengan jenis paragraf lain. Paragraf generalisasi sebenarnya merupakan salah satu penurunan dari jenis paragraf induktif. Pola pengembangan dar khusus ke umum akan menampilkan gambaran pokok yang diekstraksi dari fakta dan data yang diberikan sebelumnya. Namun yang menjadikan jenis ini berbeda adalah diperlukannya data data penunjang yang benar benar valid dan meyakinkan.

Contoh :
Untuk menjadi mahasiswa di perguruan tinggi negeri, syarat utamanya adalah telah lulus dari sekolah menengah atas. Akan tetapi tidak cukup hanya dengan lulusan dari sekolah menengah atas saja. Calon mahasiswa harus memiliki nilai yang sangat bagus, dan juga harus lulus tes yang dilakukan oleh perguruan tinggi tersebut. Jadi, memang tidak mudah untuk dapat diterima menjadi mahasiswa di perguruan tinggi negeri

Paragraf analogi

Paragraf analogi adalah penalaran dengan cara membandingkan dua hal yang banyak menandung persamaan. Dengan kesamaan tersebut dapatlah ditarik kesimpulannya. Paragraf analogi ini merupakan bagian paragraf induktif.

Contoh :
Kalau anda gemar tanaman hias, tentu anda mengenal dengan baik cara menanam dan merawatnya dalam taman. Pada dasarnya, proses merawat taman sama denga proses merawat anak dalam keluarga. Keduanya sama-sama memerlukan ketrampilan dan perhatian khusus. Pada tanaman, diperlukan ketrampilan mengolah tanah dan memberi pupuk, seperti memberi perhatian khusus, yaitu menyirami tepat waktu agar kelak memberi hasil yang memuaskan. Begitu pula dengan merawat anak. Pada anak, diperlukan kemampuan memberi makanan yang bergizi, pembentukan kepribadian, serta perhatian khusus, yaitu memberi kasih sayang agar kelak anak tumbuh dengan sehat, cerdas, dan bermoral baik 

Paragraf kausalitas (sebab-akibat)

Pengertian Paragraf Sebab Akibat-Paragraf hubungan sebab akibat adalah paragraf yang dimulai dengan mengemukakan fakta khusus yang menjadi sebab, dan sampai pada simpulan yang menjadi akibat.

Contoh :
Banyak sekali lulusan sekolah menengah atas yang melanjutkan sekolahnya ke jurusan akuntansi. Ini dikarenakan akuntansi menurut mereka adalah jurusan yang terbaik untuk mencari pekerjaan yang layak bagi masa depan mereka. Itu juga berdampak banyaknya siswa-siswa yang tidak diterima di jurusan akuntansi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;